Kamis, April 29, 2021

SDN 2 Craken Mengadakan Kegiatan Pesantren Ramadhan bagi Peserta Didik

 


Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 H, ratusan siswa SDN 2 Craken Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan, di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan cara menghimbau siswa untuk sering mencuci tangan pada sarana yang telah tersedia di sekolah. Para siswa juga dihimbau memakai masker dari rumah masing-masing. Pihak sekolah juga menyiapkan cairan hand sanitizer. Kegiatan ini hanya melibatkan kelas 4, 5 dan 6 sebagai langkah pembatasan sosial guna memenuhi protokol yang ada.

Guru Pendidikan Agama Islam SDN 2 Craken, Abdul Latif, S.Pd.I menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu gerakan literasi Ramadhan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 26 sampai tanggal 28 April 2021 sesuai dengan Pedoman Teknis yang diedarkan oleh Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

“Siswa diberi materi tentang thaharah, shalat, zakat, puasa, tadarus, serta materi lain yang berhubungan dengan ramadhan,” ucapnya, Senin (26/4/2021).

Selain itu, secara khusus para siswa juga diberi materi wawasan kebangsaan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini bagi para siswa.

“Materi kebangsaan ini saya rasa sangat penting disampaikan. Jadi para siswa nanti akan mengerti sejarah negaranya sendiri serta tentang ke-Indonesia-an yang lebih luas. Kami sebagai guru juga mempunyai kewajiban untuk terus memberikan wawasan tentang NKRI yang sebenarnya juga selaras dengan ajaran Islam. Sehingga harapannya anak-anak nanti dapat menjadi generasi Islami yang ber-NKRI,” tegasnya.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini ditambah kegiatan khusus sehari yakni tanggal 29 April 2021 untuk pelaksanaan zakat fitrah, khotmil qur'an dan buka bersama bagi para guru di sekolah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SDN 2 Craken, Bapak Saelan, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini memang dirancang sedemikian rupa supaya benar-benar menjadi kegiatan yang dapat menjadi pembiasaan bagi anak didik, semisal shalat dhuha.

"Memang secara kebetulan SDN 2 Craken ini letaknya bersebelahan dengan masjid dusun Ngadipuro. Jadi kegiatan ini sekaligus menjadi syi'ar Islam dan juga sebagai upaya memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan Islami bagi anak", jelasnya.

(Humas)

________

Dokumentasi Kegiatan :

 
























Tags :