Rabu, September 01, 2021

SDN 2 Craken Menggelar US dengan Prokes Ketat

 

Proses pelaksanaan penilaian (Assesmen) bagi siswa kelas 6 di SD Negeri 2 Craken dilaksanakan secara maraton. Setelah rangkaian pelaksanaan ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, kini siswa melaksanakan Ujian Sekolah (US) yang merupakan tahap akhir pelaksanaan assesmen di tingkat Sekolah Dasar. Dalam pelaksanaan US ini ada metode tes tulis untuk mengetahui capaian KI3 dan tes praktik untuk mengetahui capaian KI4.

SDN 2 Craken menggelar Ujian Sekolah secara tulis dimulai pada tanggal 21 Mei 2021 sampai dengan tanggal 31 Mei 2021 dan setelahnya dilaksanakan penilaian KI4 secara praktik berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek Nomor : 421.2/2021/406.009/2021.

Mengingat kondisi masih dilanda pandemi covid-19 maka untuk memutus rantai penyebaran di tingkat sekolah, pelaksanaan US di SDN 2 Craken dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai himbauan yakni setiap peserta ujian, pengawas ruang, panitia serta seluruh stakeholder yang ada di sekolah wajib memakai masker transparan (faceshield) maupun masker medis. Sebelum masuk ruangan semua komponen juga harus mengikuti tahapan cek suhu oleh tim Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk secara mandiri oleh sekolah. Fasilitas cuci tangan maupun cairan handsanitizer juga disiapkan oleh pihak sekolah. Selain itu secara berkala dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah termasuk ruang ujian. Penataan tempat duduk peserta ujian pun diberi jarak.

Pada prinsipnya adanya pandemi jangan sampai menjadi penghalang pelaksanaan program-program di sekolah. Apalagi program yang pokok termasuk pelaksanaan ujian. Namun tentunya agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik serta tidak menimbulkan persoalan baru yakni penularan wabah covid-19, maka pelaksanaan program tersebut juga harus dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang ada seperti yang telah diuraikan di atas.

 (Humas)





 

Tags :