Sabtu, November 27, 2021

PGRI Ranting Craken Sukses Gelar Lomba Pidato Berbahasa Jawa dan Guru Bercerita

 


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke -76 dan Hari Guru Nasional 2021 banyak kegiatan yang dilakukan oleh organisasi guru terbesar di Indonesia ini. Salah satunya yang dilaksanakan oleh Pengurus Ranting PGRI Desa Craken Kecamatan Munjungan yaitu mengambil kegiatan lomba Pidato Berbahasa Jawa bagi Guru serta kegiatan Guru PAUD Bercerita.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung SDN 1 Craken pada Sabtu, 27 November 2021. Kegiatan lomba pidato berbahasa Jawa diikuti oleh 9 peserta dari perwakilan SD se Desa Craken. Sedangkan lomba Guru PAUD Bercerita hanya bersifat partisipatif dan tidak dilombakan.

Dalam pelaksanaan lomba pidato berbahasa Jawa, mengambil tema "Lestari Bahasa Jawa, Eksistensi Budaya Bangsa”. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi guru anggota PGRI di bidang public speaking terutama dalam penggunaan bahasa Jawa agar keberadaan bahasa lokal selalu terjaga kelestariannya.

"Kegiatan lomba pidato bahasa Jawa ini sengaja kami ambil sebagai upaya dalam melestarikan bahasa Jawa sebagai bagian dari budaya Nusantara. Apalagi sekarang ini penggunaan bahasa Jawa secara baik dan benar sesuai kaidah kelihatannya sudah mulai memudar". Jelas Abdul Latif, Ketua PGRI Craken.

Hadir dalam acara tersebut, Koordinator Wilayah Kecamatan Munjungan Bidang Pendidikan, Bapak Suhadi, S,Pd.MM, serta Ketua Cabang PGRI Kecamatan Munjungan, Bapak Muhadi, S.Pd.

Dalam sambutannya, Korwilcam Bidang Pendidikan menyampaikan apresiasinya dalam kegiatan tersebut.

"Kami selaku Pengawas Korwilcam sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kelihatannya ini (lomba pidato bahasa Jawa) memang baru pertama kali diadakan di Desa Craken bahkan di Kecamatan Munjungan. Dan saya nanti akan membersamai kegiatan ini sampai selesai sekaligus melihat penampilan para guru kami di desa Craken". Ungkap Bapak Suhadi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Cabang PGRI Munjungan juga menyampaikan sambutan.

“Ini bukti bahwa PGRI kita hidup, selain sebagai wadah perjuangan guru, PGRI juga sebagai tempat mengasah keterampilan salah satunya di bidang public speaking ini. Saya berharap ke depan PGRI Ranting Craken juga lebih giat lagi dalam melakukan kegiatan guna memberdayakan PGRI di Ranting Craken khususnya". Jelas Bapak Muhadi.

Tak hanya itu, dalam sambutannya Bapak Muhadi juga mengingatkan bahwa PGRI Hari ini terus berjuang untuk saudara-saudara kita yang mengikuti seleksi PPPK dan beberapa program lainnya.

Acara dibuka langsung oleh Korwilcam Munjungan dengan semangat Pekik PGRI yang diserukan membuat suasana peserta bertambah semangat.










Tags :