Rabu, November 09, 2022

A. Tanda-Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih

 

Apakah kalian telah mengetahui tanda-tanda balig menurut fikih? Apakah ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan?

Fikih ialah Ilmu tentang hukum Islam. Fikih membahas tentang tata aturan ibadah baik yang berhubungan dengan Allah Swt. atau yang berhubungan dengan sesama manusia. Di antara bahasannya adalah tentang tanda-tanda balig.

Tanda-tanda balig terjadi pada anak laki-laki dan perempuan. Ada juga yang khusus terjadi pada perempuan saja.

1.  Mimpi Basah

Bacalah kisah berikut!

Tengah malam, Ahmad tiba-tiba terbangun karena celananya basah. Ahmad melihat jam dinding yang menunjukkan pukul 02.00 pagi. Gerakan Ahmad membuat Lukman terbangun. “Ahmad, kamu kok sudah bangun? Sekarang kan masih jam 02.00 pagi?” Kata Lukman.
“Hmmmmm, Aku nggak sengaja kencing, he he”. Kata Ahmad dengan wajah malu-malu. “Wah, sudah besar, kok masih ngompol? Canda Lukman kepada Ahmad.
Setelah mengambil celana pengganti di lemari dan hendak pergi ke kamar mandi, tiba-tiba Lukman mencegat Ahmad. Tunggu, Ahmad, air kencingnya kok sedikit? Kenapa cuma terkena celana, tidak tercecer di tempat tidur?” tanya Lukman. Iya nih, enggak tahu juga aku, “ jawab Ahmad singkat sambil berlari ke kamar mandi. Tak lama kemudian, Ahmad sudah kembali dari kamar mandi dengan celana yang baru dan bersih.
“Ahmad, apa kamu merasakan sesuatu yang aneh waktu mengompol tadi?” selidik Lukman. “Aneh? Nggak tuh, tapi aku tadi sempat bermimpi sebelumakhirnya terbangun,” jawab Ahmad. “Mimpi? Mimpi apa?,” tanya Lukman kepada Ahmad. “Aku sudah lupa mimpinya. Yang jelas waktu mengompol tadi, rasanya berbeda dari kencing biasa,” jawab Ahmad. “Hmmm nggak salah lagi, kamu tuh bukan ngompol, tapi baru saja mimpi basah.”
Sumber: Nizar  Sa’ad  Jabal,  Lc.,  M.Pd  dan  Mu’ammar  Abdullah  at-Tamimi,  Lc.,  AKU SUDAH BALIGH, Qids
____________

Bagaimana cerita di atas anak-anak, menarik bukan? Dulu kalian mungkin bertanya-tanya ketika mendengar kata “mimpi  basah” dengan cerita di atas kalian akhirnya tahu.

Suatu saat kalian akan mengalami seperti yang dialami Ahmad. Biasanya terjadi ketika usia kalian 9 tahun atau lebih. Apabila mimpi basah itu terjadi maka kalian bukan anak-anak lagi tapi tergolong balig (dewasa). Mimpi basah juga dapat terjadi pada anak perempuan.

Anak yang mimpi basah sedang berhadas besar dan disebut junub. Agar suci dari hadas besar, maka dia harus mandi wajib.

Tahukah kalian nama air yang keluar waktu mimpi basah? Namanya  air mani atau sperma.

 

 

2.  Haid (Menstruasi) bagi Anak Perempuan

Bacalah kisah berikut!

Pada suatu pagi, Aisyah merasa lemas saat bangun tidur. Kepala Aisyah pusing. Badannya juga panas. Aisyah pun pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil dan berwudu. Tiba-tiba, Aisyah kaget saat melihat ada bercak darah di celananya. Aisyah tidak jadi ke kamar mandi.
“Aisyah, kok belum siap-siap? Ayo, ibu sudah menunggu kita untuk salat berjemaah!” Tegur kak Faizah yang sudah mengenakan mukena. “ kak, Aisyah sudah keluar darah…” kata Aisyah malu-malu. Kak Faizah mengerti maksud Aisyah.
Dia langsung pergi ke kamar kak Faizah. Kak Faizah segera melepas mukenanya. Dia mengambil sesuatu dari dalam lemari. Lalu, kak Faizah mengajak Aisyah ke kamar mandi. Tak lama kemudian, merekapun keluar dari kamar mandi.
Aisyah ingin berwudu. Ia mau salat subuh berjamaah. Akan tetapi, kak Faizah berkata “Aisyah tidak usah salat dulu, ya. Aisyah lebih baik beristirahat lagi di kamar.” Aisyah pun mengikuti saran kak Faizah. Dia kembali ke kamarnya.
Setelah subuh, ibu masuk ke kamar Aisyah. Ibu membawakan susu hangat dan roti. “Aisyah makan roti dan minum susu dulu supaya tidak lemas. Ibu menyuapi Aisyah sambil berkata, “Aisyah sedang mengalami apa yang disebut HAID, MENS, atau MENSTRUASI. Aisyah jangan takut. Haid itu sudah biasa terjadi pada anak perempuan seumur kamu.”
“Oh, iya, tadi Aisyah lihat darah haidnya berwarna apa?” tanya Ibu. Darahnya berwarna merah terang.” Jawab Aisyah. “Nah, warna merah terang biasanya terlihat pada hari pertama dan kedua saja. Darah yang  keluar di awal menstruasi biasanya berwarna terang dan keluar cukup banyak. Darah itu akan berubah warna menjadi kecokelatan atau gelap pada hari-hari terakhir menstruasi.” Kata Ibu.
“Oh begitu ya, Bu. Hmmm … darah menstruasi yang baru keluar itu memang agak berlendir dan bau, ya, Bu? Tanya Aisyah. “iya, itu sudah biasa, Aisyah. Makanya, darah haid itu harus rajin dibersihkan.” Nasihat Ibu.
“Kenapa bagian bawah perut Aisyah seperti kembung dan sakit, ya?” punggung Aisyah juga kram.” Tanya Aisyah. “Aisyah, sakit seperti itu sudah biasa terjadi di awal masa haid. Nanti juga hilang sendiri kok. Kamu hanya perlu istirahat supaya sehat Kembali.” Kata Ibu.

Sumber: Nizar Sa’ad Jabal, Lc., M.Pd dan Mu’ammar Abdullah at-Tamimi, Lc., AKU SUDAH BALIGH, Qids
______________

Bagaimana perasaan kalian setelah membaca cerita tersebut?
Kemukakan di depan teman-temanmu secara bergantian!

Dari cerita di atas, kalian tahu bahwa kodrat anak perempuan akan mengalami seperti yang dialami Aisyah yaitu datangnya haid atau
menstruasi. Datangnya haid menandakan bahwa kalian telah balig.

Datangnya awal haid sebagai tanda balig tidak bisa dipastikan. Di usia berapa kalian akan mengalaminya. Bisa jadi ia datang ketika kalian kelas IV, V atau kelas VI. Untuk itu bersiaplah menyambutnya dengan ilmu dan mental yang kuat.

Supaya kalian semakin banyak mendapatkan pengetahuan tentang haid, lakukanlah kegiatan berikut bersama satu temanmu!

 

3.  Berumur lima belas tahun

Sempurna berumur lima belas tahun bagi anak laki-laki dan perempuan, dengan berdasar perhitungan kalender hijriyah. Anak laki-laki dan
perempuan yang sudah mencapai usia lima belas tahun, ia telah masuk usia balig meskipun sebelumnya tidak mengalami tanda-tanda balig lainnya.

Kewajiban Mandi Bagi yang berhadas besar

Anak yang mengalami mimpi basah dan haid itu sedang berhadas besar. Untuk bersuci dari hadas besar dan bisa melakukan ibadah seperti salat dan membaca Al-Qur’an maka ia wajib mandi terlebih dahulu. Tatacara mandi adalah sebagai berikut.

 

 

 

 

 

Tags :