Selasa, April 11, 2023

Bentuk Karakter Islami, SDN 2 Craken Gelar Pondok Ramadhan

 


Untuk membentuk karakter islami dan akhlak yang mulia sesuai dengan visi sekolah, SD Negeri 2 Craken menggelar kegiatan Pondok Ramadhan selama 4 hari mulai tanggal 14 hingga 17 Ramadhan 1444 Hijriyah (5 s/d 8 April 2023).

Kegiatan pondok ramadhan dipusatkan di gedung aula SD Negeri 2 Craken serta di masjid.

Abdul Latif, S.Pd.I selaku guru Pendidikan Agama Islam mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan kali ini berdasarkan Surat Edaran dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur nomor B-1722/Kw.13.04/HM.01/03/2023 tanggal 20 Maret 2023 tentang Petunjuk Teknis Pesantren Ramadhan Tahun 1444 H/2023 M, yang didalamnya mengatur muatan kegiatan dalam Pondok Ramadhan.

"Pondok Ramadhan ini kami isi dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti shalat duha, tadarrus alQur'an, kajian keagamaan, shalat dhuhur berjama'ah dan sebagainya. Untuk kajian keagamaan, anak-anak kami berikan materi layaknya di pondok pesantren seperti materi tentang thaharah, shalat, zakat, puasa, serta ibadah-ibadah mahdlah lainnya". Jelas pria asal dusun Gembes ini.

Selain itu, secara khusus para siswa juga diberi materi wawasan kebangsaan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini bagi para siswa.

“Materi kebangsaan ini saya rasa sangat penting disampaikan. Jadi para siswa nanti akan mengerti sejarah negaranya sendiri serta tentang ke-Indonesia-an yang lebih luas. Di dalamnya juga kami sisipkan materi mengenai moderasi beragama. Kami sebagai guru juga mempunyai kewajiban untuk terus memberikan wawasan tentang NKRI yang sebenarnya juga selaras dengan ajaran Islam. Sehingga harapannya anak-anak nanti dapat menjadi generasi Islam yang ber-NKRI serta menjunjung tinggi toleransi” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala SDN 2 Craken, Muljono, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini memang dirancang sedemikian rupa supaya benar-benar menjadi kegiatan yang dapat menjadi pembiasaan bagi anak didik, semisal shalat dhuha.

"Memang secara kebetulan SDN 2 Craken ini letaknya bersebelahan dengan masjid dusun Ngadipuro. Jadi kegiatan ini sekaligus menjadi syi'ar Islam dan juga sebagai upaya memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan Islami bagi anak", jelasnya.

Kegiatan pondok ramadhan ditutup dengan buka bersama dan shalat tarawih berjama'ah.

(Humas)








 

Tags :