Sabtu, Oktober 28, 2023

Peringati Hari Sumpah Pemuda 2023, SDN 2 Craken Gelar Upacara dalam Balutan Pakaian Tradisional

 


 

Sekolah Dasar Negeri 2 Craken selenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-95.

Upacara dilaksanakan pada Sabtu (28/10/2023) pukul 07.30 WIB di Lapangan SD Negeri 2 Craken.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 133 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 dan dipertegas dengan Surat Edaran dari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek, Nomor : 003/8190/406.009/2023 tentang Pelaksanaan Peringatan HSP ke-95 Tahun 2023.

Kepala Sekolah SDN 2 Craken, Imam Mudawam, S.Pd.SD, mengatakan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda bertujuan untuk megingat kembali peran pemuda dalam upaya meraih kemerdekaan melalu cara membangun persatuan dan kesatuan antar pemuda seluruh Nusantara pada saat itu.

"Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini penting dilaksanakan sebagai momentum untuk mengingatkan kembali  peran pemuda yang sangat berpengaruh terhadap kebangkitan semangat Nasional," ujarnya.

Acara ini diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan SDN 2 Craken dalam balutan pakaian tradisional. Adapun tema yang diusung dalam peringatan HSP tahun 2023 adalah “Bersama Majukan Indonesia”.

Bertindak sebagai pembina upacara, Bapak Abdul Latif, S.Pd.I yang merupakan Guru Agama Islam SDN 2 Craken. Ia sengnaja ditunjuk sebagai pembina upacara karena dianggap representasi dari pemuda itu sendiri.

Dalam sambutan sebagai pembina upacara ia menyampaikan bahwa salah satu syarat untuk membangun bangsa adalah kuatnya persatuan dan kesatuan antar anak bangsa.

"Belajar dari sejarah adanya Sumpah Pemuda, kita bisa meyimpulkan bahwa kemerdekaan dapat diraih karena adanya persatuan. Maka di era sekarang pun juga masih sama, kita membangun bangsa ini harus dilandasi dengan kuatnya persatuan dan kesatuan" jelasnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tanggal 28 Oktober 1928 merupakan lahirnya Sumpah Pemuda. Adapun isi Ikrar Sumpah Pemuda antara lain :

"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia."
"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia."
"Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

 

 








Tags :